Mengamati Burung di Ekuador

Ekuador adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk mengamati burung. Dengan sekitar 1.600 spesies penduduk dan migran, Ekuador memiliki keragaman burung yang lebih besar daripada Cina atau India, dan hampir dua kali lebih banyak spesies burung daripada Amerika Serikat. Ekuador memiliki kira-kira seperenam spesies burung dunia di wilayah yang kira-kira seluas Colorado, dan memberi birders kemungkinan menemukan spesies yang lebih berbeda dalam satu atau dua minggu daripada di tempat lain. Semua orang mulai dari birder biasa hingga wisatawan yang mencintai alam hingga ahli ornitologi akan terpikat oleh makhluk berbulu berwarna-warni yang akan mereka lihat saat mengunjungi Ekuador.

 Burung-burung Ekuador yang bervariasi tersebar di seluruh wilayah geografis utamanya yaitu Sierra, Oriente, pantai Pasifik dan dataran rendah, dan Kepulauan Galapagos. Untuk alasan birding, Andes dapat lebih lanjut dipecah menjadi dataran tinggi, hutan awan Pasifik dan hutan awan Amazon. Andean condor adalah salah satu burung yang paling mengesankan untuk dilihat di Sierra, di antara banyak spesies burung kecil lainnya seperti tanagers dan kolibri. Kehidupan burung di Andes bervariasi tergantung pada ketinggian, dengan beberapa spesies hanya ditemukan di sekitar puncak dan paramo ketinggian tinggi, sementara yang lain hanya ditemukan di lembah-lembah Sierra. Ada juga sedikit perbedaan antara kehidupan burung di dataran tinggi utara dan selatan.

 Hutan awan di Andes Ekuador dianggap sebagai salah satu wilayah planet dengan keanekaragaman hayati terkaya. Hutan awan Mindo adalah salah satu tempat menarik di dunia dan harus ada dalam daftar yang harus dilakukan untuk para pengamat burung yang rajin. Ini adalah rumah bagi kokang-of-the-rock dan merupakan salah satu tempat terbaik untuk memotret kolibri. Mindo memiliki beberapa pemandu burung dan sebagian besar hotel dan hostel terbiasa dengan para pengamat burung di pagi hari.

 The Oriente, atau cekungan Amazon, adalah rumah bagi beberapa burung luar biasa seperti toucans, macaw, jacamar dan hoatzin. Napo Wildlife Centre telah menjilat burung beo di tempat mereka, di mana sebanyak beberapa ribu burung beo campuran berkumpul di siang hari untuk mengekstrak mineral dan nutrisi dari tepi sungai tanah liat yang terbuka. Sedangkan Oriente relatif homogen, dataran rendah Pasifik di negara itu memiliki variasi habitat yang lebih besar yang berarti lebih banyak spesies burung. Kepulauan Galapagos adalah tempat yang sempurna untuk birders, dengan campuran spesies endemik seperti burung kutilang Darwin yang terkenal dan spesies umum seperti booby berkaki biru dan tropicbirds merah-ditagih.

 Untuk memasukkan pengamatan burung dalam perjalanan Ekuador Anda, ada banyak tur Amerika Selatan yang dapat Anda sertakan. San Jorge Eco-Lodge dan Biological Reserve adalah penginapan di dekat Quito yang menawarkan tur “burung ajaib” ke cagar pribadi yang melindungi berbagai jenis hutan. Tinalandia adalah penginapan besar yang terletak di sebuah cagar hutan awan pribadi di barat laut Ekuador. Lebih dari 350 spesies burung telah ditemukan di lahan hotel. Diantaranya adalah berbagai kolibri, tanagers, manikin, cotingas, beo dan burung-burung berwarna-warni lainnya. Mereka juga menawarkan hari perjalanan ke tempat-tempat birding lainnya di daerah tersebut.